Senin, 17 Desember 2012

Dapur Sehat

Dapur Sehat - dapur merupakan salah satu area didalam rumah yang paling sering digunakan untuk aktivitas mengolah bahan makanan, sehingga dapur sangat potensial menjadi sarang kuman bila tidak memperoleh perawatan yang tepat. Dapur yang tidak sehat, akan mengakibatkan kesehatan seluruh anggota keluarga bisa terganggu.

Perawatan dapur tidak hanya sebatas pada membersihkan lantai dapur, seperti disapu dan dipel akan tetapi juga berkenaan dengan kebersihan perabot dapur yang digunakan. Area yang lembab seperti lubang pembuangan air pada kitchen sink bisa menjadi tempat favorit kuman untuk berkembang biak.

Pada design kitchen sink terbaru telah dilengkapi dengan saringan untuk mencegah kotoran masuk kedalam saluran pembuangan air. pada saringan kitchen sink ini kotoran/ sisa makanan dari piring dan peralatan masak yang dicuci berkumpul dan mengendap, disinilah tempat kuman bersarang. Oleh karena itu untuk menghindarkan dari kuman, bersihkan kitchen sink dari kotoran yang tertinggal, cuci dengan cairan pembersih yang disarankan oleh produsen kitchen sink dan keringkan menggunakan microfibrecloth untuk menjaga perabot dapur terutama yang berbahan stainless steel dari goresan.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat dapur yang sehat adalah dengan merancang kitchen design lebih seksama, dengan pemilihan material kitchen set yang mempunyai tingkat porositas ( lubang berpori ) paling rendah. Misalnya adalah dengan melapisi worktop table dengan Material HPL atau akrilik, dan untuk bahan kitchen sink yang tidak memiliki lubang pori misalnya adalah kitchen sink berbahan stainless steel dan silgranit dari Blanco.

Selain itu dalam design kitchen set sebaiknya anda memberikan perhatian lebih pada sudut-sudut pertemuan antar material, sudut pertemuan antar material ini biasanya berada pada sekitar area kompor tanam, sudut worktop table dengan dinding dan tepian kitchen sink. Pada area semacam ini sebaiknya dibuat sedikit melengkung sehingga mudah untuk dibersihkan dan menghindarkan dari jebakan sisa makanan yang tertinggal. Dengan dapur yang sehat maka kesehatan seluruh anggota keluarga juga akan terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar